Yanuar’s Blog

All about our greatest king and His greatness ^^

Imanmu telah menyelamatkan engkau

Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: “Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup.” Lalu Yesuspun bangunlah dan mengikuti orang itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya. Pada waktu itu seorang perempuan yang sudah dua belas tahun lamanya menderita pendarahan maju mendekati Yesus dari belakang dan menjamah jumbai jubah-Nya. Karena katanya dalam hatinya: “Asal kujamah saja jubah-Nya, aku akan sembuh.” Tetapi Yesus berpaling dan memandang dia serta berkata: “Teguhkanlah hatimu, hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau.” Maka sejak saat itu sembuhlah perempuan itu. Ketika Yesus tiba di rumah kepala rumah ibadat itu dan melihat peniup-peniup seruling dan orang banyak ribut, berkatalah Ia: “Pergilah, karena anak ini tidak mati, tetapi tidur.” Tetapi mereka menertawakan Dia. Setelah orang banyak itu diusir, Yesus masuk dan memegang tangan anak itu, lalu bangkitlah anak itu. Maka tersiarlah kabar tentang hal itu ke seluruh daerah itu.
(Matius 9:18-26)

While he was saying these things to them, an official 14 came forward, knelt down before him, and said, “My daughter has just died. But come, lay your hand on her, and she will live.” Jesus rose and followed him, and so did his disciples. A woman suffering hemorrhages for twelve years came up behind him and touched the tassel 15 on his cloak. She said to herself, “If only I can touch his cloak, I shall be cured.” Jesus turned around and saw her, and said, “Courage, daughter! Your faith has saved you.” And from that hour the woman was cured. When Jesus arrived at the official’s house and saw the flute players and the crowd who were making a commotion, he said, “Go away! The girl is not dead but sleeping.” And they ridiculed him. When the crowd was put out, he came and took her by the hand, and the little girl arose. And news of this spread throughout all that land.

(Matthew 9:18-26)
Dari judul ketauan khan yg mau aku bahas disini apa? Hehehe. Yeap, it’s about faith.  Waktu itu Yesus diajak untuk ke rumah seorang anak perempuan yg kata org2 dah meninggal. Nah, pas di jalan tu ada seorang perempuan yg sakit keras. Dgn imannya, dia berani menyatakan klo cm nyentuh jubah Yesus aj sembuh man!! Kemudian apa yg Yesus blg? “Courage, daughter! Your faith has saved you.” (lbh suka yg inggris ;p). Dari kisah ini kita diajarkan mengenai beriman. Kalo pada tau cerita Injil, siapa sih Yesus di mata orang2 Yahudi (terutama imam2 agung) saat itu? Penghujat Allah. Karena menyatakan Diri Anak Allah. Tapi saat itu perempuan yg sakit itu ga peduli apa kata para imam agung dan dengan iman yg teguh yg meyakinkan bahwa Yesus adalah Tuhan kemudian menjamah jubah-Nya. Sedikit info, pada jaman itu, orang2 Yahudi percaya kalo para imam agung itu adalah pemegang hukum taurat yg dr Tuhan. Jadi kata2 imam agung itu cukup berpengaruh. Coba direfleksikan dlm kehidupan sehari-hari. Seringkali denger kata2 temen2 kita “Sok rohani loe” ato “Aneh loe”. Dan hal itu seringkali membuat kita tanpa sadar “membuang” iman kita dan hidup menjau dr iman kita. Maukah kita belajar menjadi seperti perempuan itu yg dengan iman teguh menyatakan Yesus adalah Tuhan dan menjadi saksi-Nya di dunia ini meskipun  sering dikata-katai oleh temen2 kita?

July 7, 2008 - Posted by | Daily Bread

6 Comments »

  1. Quote: “Coba direfleksikan dlm kehidupan sehari-hari. Seringkali denger kata2 temen2 kita “Sok rohani loe” ato “Aneh loe”. Dan hal itu seringkali membuat kita tanpa sadar “membuang” iman kita dan hidup menjau dr iman kita.”

    Tapi tetep harus bisa menempatkan diri, dengan siapa kita bicara & dalam kontex apa donk… Kalo tiba2 ngomongnya extrim di depan orang yang salah kan repot juga. Kalo menurut gw, emang ga boleh “membuang” gitu aja, tapi mungkin perlu “diperlembut”…

    Comment by Rere | July 7, 2008 | Reply

  2. Akan lebih tepat kalo kita bijaksana dalam bertindak. Lbh bagus tetep smile tanpa “membuang” iman di dlm hati dan tetep berbuat seperti yg Yesus kehendaki dlm kehidupan utnuk menunjukkan kita adalah terang Tuhan (light of God). karena ga semua bisa dinyatakan dgn kata2 semata. ^^

    Comment by kiyfhns | July 8, 2008 | Reply

  3. Iman tuh apa sich ???

    Comment by rony | July 8, 2008 | Reply

  4. Iman tu yg biasa mimpin misa2. ;p (jayuz)

    Iman itu sesuatu yg kita percayai (yakini) akan terjadi tanpa tau kapan hal itu terjadi. Dan secara duniawi / manusiawi tanpa jaminan akan terjadi.

    Misalnya iman mengenai Yesus adalah Tuhan. Kalo diliad dr sudut pandang manusia, sulit dipercaya karena tak ada bukti2 nyata bahwa Dia sungguh Tuhan. Buktinya hanya yg tertulis (Alkitab), tp alkitab sendiri kita gtau penulisannya seperti apa. Bisa aja karangan org. Nah, disinilah yg namanya iman, dimana tanpa bukti nyata kita yakin dan percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan alkitab ditulis dari inspirasi Roh Kudus. ^^

    Comment by kiyfhns | July 8, 2008 | Reply

  5. Iman itu sesuatu yg kita percayai (yakini) akan terjadi tanpa tau kapan hal itu terjadi. Dan secara duniawi / manusiawi tanpa jaminan akan terjadi.

    pernah mengalami ga ?
    kalo pernah contoh kasusnya kayak ap ??? (yang kamu inget aj)

    Comment by rony | July 8, 2008 | Reply

  6. Sekarang ini smua Kristiani sedang mengalaminya. ^^
    Dimana kita percaya bahwa Kristus mati untuk kita. Dan sekarang kita menantikan janji2-Nya untuk kita. Dan janji-Nya yg terutama bagi kita yg percaya adalah karya keselamatan-Nya untuk kita. ^^

    Comment by kiyfhns | July 8, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: