Yanuar’s Blog

All about our greatest king and His greatness ^^

Kerajaan Sorga sudah dekat

Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma. Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu. Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya. Apabila kamu masuk kota atau desa, carilah di situ seorang yang layak dan tinggallah padanya sampai kamu berangkat. Apabila kamu masuk rumah orang, berilah salam kepada mereka. Jika mereka layak menerimanya, salammu itu turun ke atasnya, jika tidak, salammu itu kembali kepadamu. Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya pada hari penghakiman tanah Sodom dan Gomora akan lebih ringan tanggungannya dari pada kota itu.”
(Matius 10:7-15)

As you go, make this proclamation: ‘The kingdom of heaven is at hand.’ Cure the sick, raise the dead, cleanse lepers, drive out demons. Without cost you have received; without cost you are to give. Do not take gold or silver or copper for your belts; no sack for the journey, or a second tunic, or sandals, or walking stick. The laborer deserves his keep. Whatever town or village you enter, look for a worthy person in it, and stay there until you leave. As you enter a house, wish it peace. If the house is worthy, let your peace come upon it; if not, let your peace return to you. Whoever will not receive you or listen to your words – go outside that house or town and shake the dust from your feet. Amen, I say to you, it will be more tolerable for the land of Sodom and Gomorrah on the day of judgment than for that town.

(Matthew 10:7-15)

Sering ya kita denger kata2 diatas? Kerajaan sorga sudah dekat. Hehehe. Ada banyak hal yg ingin disampaikan pada Injil hari ini. Yg pertama adalah tentunya mengenai perutusan. Kurang lebih sama dengan yg dinyatakan pada Injil kemarin.

Yg kedua kita juga diajarkan bahwa materi dunia itu bukan segalanya. Para murid tidak diperkenankan membawa emas maupun perak selama perjalanannya. hal ini tentunya bukan mengajarkan kita tidak boleh kaya. Yesus ingin mengajak kita untuk hidup dalam kesederhanaan. Seringkali ketika kelimpahan diberikan oleh Allah, kita jadi cenderung mementingkan kelimpahan itu sendiri daripada Yg memberi. Karena itu kita diajak untuk hidup sederhanan dan memandang materi itu sendiri sebagai pendukung untuk lebih memuliakan Allah, termasuk dalam perutusan.

Yg ketiga adalah bagaimana Yesus sendiri menyatakan kalau setiap pekerja pantas mendapat upahnya. Disini kita dituntut untuk hanya menerima apa yg patut kita terima sebagai pekerja. So, KKN itu termasuk menerima sesuatu yg tdk pantas kita terima. Beware guys. ^^

Yg keempat Yesus menyatakan :  ” Without cost you have received; without cost you are to give.” Dalam konteks kehidupan sekarang, hal ini seringkali terlupakan. Dimana ketika kita memberi sesuatu selalu kita mengharapkan imbalan. Hal ini benar di dunia kerja, karena kita memeras keringat untuk mendapatkan upah. tetapi ayat ini lebih ditujukan kepada bagaimana kita membagikan kasih. Seringkali klo nolong orang tu kita selalu mengiming-imingi sesuatu sebagai upah atas pertolongan kita, padahal apa yg kita berikan dalam menolong (kasih) itu kita dapatkan secara cuma2 dari Tuhan semata. Selain kasih, kita juga seringkali ogah untuk membagikan ilmu yg kita miliki dengan sesama. Padahal hikmat dan pengertian itu sendiri datang dari Tuhan. Apabila ada yg kesulitan dalam mengerti sesuatu, hendaklah kita yg lebih dulu mengerti mau berbagi. karena itu, apa yg kita peroleh dengan cuma2 dr Tuhan hendaklah kita bagikan dengan cuma2 juga kepada sesama kita.

Mari kita sama2 belajar untuk meresapi Injil hari ini dan menjalankannya dlm kehidupan kita. ^^

July 10, 2008 - Posted by | Daily Bread

2 Comments »

  1. eh, berarti, sorga tuh udah berat gt? udah penuh? jadi, turun ke bumi? dan dekat??

    Comment by saya | December 9, 2008 | Reply

    • Makin rame, jd makin berat ;p
      Yg dibicarakan dekat disini adalah masa atau awamnya diblg waktu dan bukan jarak.

      Comment by Yanuar Handoso | December 9, 2008 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: