Yanuar’s Blog

All about our greatest king and His greatness ^^

Berjalan dalam Terang

Tetapi Yesus berseru kata-Nya: “Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku; dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku. Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan. Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya. Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman. Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan. Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup yang kekal. Jadi apa yang Aku katakan, Aku menyampaikannya sebagaimana yang difirmankan oleh Bapa kepada-Ku.”

(Yoh 12:44-50)

Jesus cried and said, He that believeth on me, believeth not on me, but on him that sent me. And he that seeth me seeth him that sent me. I am come a light into the world, that whosoever believeth on me should not abide in darkness. And if any man hear my words, and believe not, I judge him not: for I came not to judge the world, but to save the world. He that rejecteth me, and receiveth not my words, hath one that judgeth him: the word that I have spoken, the same shall judge him in the last day. For I have not spoken of myself; but the Father which sent me, he gave me a commandment, what I should say, and what I should speak. And I know that his commandment is life everlasting: whatsoever I speak therefore, even as the Father said unto me, so I speak.

(John 12:44-50)

Yesus adalah terang. Dan barangsiapa percaya kepada Terang itu, tidak tinggal dalam gelap. Karena terang berbeda dengan gelap. Tentunya teman-teman sekalian menyadari hal itu bukan? Terang dan gelap adalah 2 hal yang saling berlawanan / bertentangan dalam bahasa Indonesia. Yesus menyatakan diri sebagai terang (dalam bahasa inggrisnya dipake kata light atau cahaya) Kenapa? Karena dengan adanya terang kita dapat melihat apa yang ada di depan kita. dengan adanya terang kita tidak terantuk pada batu dan jatuh. Disini Yesus mau menyatakan kalau berjalan bersama Dia, maka kita berjalan bersama terang. Yaitu berjalan dengan kepastian. Kepastian apa? Pastinya kepastian mendapatkan keselamatan kekal. Tetapi Yesus juga tidak memaksakan kita untuk berjalan bersama Dia. Yesus hanya menawarkan kepada kita untuk berjalan bersama Dia. Apa sih maksudnya berjalan bersama Yesus? Berjalan bersama Yesus maksudnya adalah berjalan mengikuti kehendak Dia. Biasanya kehendak Tuhan dapat diketahui dalam Kitab Suci, melalui hati nurani, ataupun melalui sesama di sekitar kita. maukah kita berjalan dalam terang?

May 6, 2009 - Posted by | Daily Bread

No comments yet.

Leave a Reply

