Yanuar’s Blog

All about our greatest king and His greatness ^^

Iman dari mulut dan hati

Faith&Reason-2

Kali ini aku mau sedikit berbicara tentang iman. Menurut kalian iman itu apa sih? Kalo berdasarkan alkitab : “Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.” (Ibrani 11:1). Dari surat Ibrani telah kita ketahui arti iman itu. To put it simple, iman adalah sesuatu yang kita harapkan, namun belum kita lihat. Kalau seorang Kristiani tentunya kata iman ini sangat sering dikumandangkan oleh para pastor, pendeta, maupun pewarta. Namun dalam pelaksanaannya, iman bukanlah semudah itu. Bahkan Yesus sendiri berkata : “…Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, –maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.” (Mat 17:20). Amazing isn’t it? Yesus berani ngmg gt karena Dia tau untuk seseorang beriman, bahkan sebesar biji sesawi tu sulit bgt. Dan apabila kita berhasil, yang dituai pun luar biasa.

Ada sebuah cerita di salah satu negara (lupa ;p). Ada 1 sekolah Taman Kanak-kanak. Pada suatu hari, taman yang ada di deket sekolah itu akan dibangun apartemen. Waktu itu anak2 di Tk itu pada sedih gt d. Nah, guru TK nya bilang : “Yuk kita berdoa bersama. Kata Yesus kalau kita punya iman, gunung aja bisa pindah.” Tentu saja guru itu hanya bermaksud menghibur anak2 itu. tetapi karena anak2 masih polos bgt, mereka berdoa bersama-sama dengan sungguh2. Hasilnya? Apartemen itu ga jadi dibangun. Bos yang mau bangun apartemen itu bilang kalau tempatnya kurang bagus n dia cri tmpt laen. Mungkin ada sebagian orang yang baca bilang itu hanya sebuah kebetulan belaka, tp bagi kita yang percaya dalam Kristus Yesus tidak ada yang kebetulan. semua berada dalam rancangan-Nya yang ajaib. See? dengan iman yang teguh anak2 itu “memindahkan” apartemen. That’s the power of faith in Jesus.

Seringkali aku mendengar orang2 ngobrol n bcanda2 memakai kata “iman” dan juga sering dalam sebuah komunitas dibahas mengenai iman itu sendiri. tetapi sering juga aku mendapati orang yang berkata dan mengajak orang lain untuk beriman tidak memiliki iman tersebut. Mereka hanya berbicara asal2an ataupun hanya teori saja. Di depan orang mengatakan ” Kita harus memilkiki iman yang teguh”. Selang beberapa menit kemudian mulai berpikir mengenai cicilan rumah yang tidak kunjung lunas dan kawatir. itu bukan iman namanya. Mari kita belajar untuk beriman bukan hanya dalam ucpana dan teori, tapi dalam pikiran, hati dan tindakan.

May 22, 2009 - Posted by | Teachings

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: