Yanuar’s Blog

All about our greatest king and His greatness ^^

St. Carolus Lwangga

Kebenaran dan keluhuran ajaran Yesus dibela mati-matian oleh para pengikutNya di mana-mana meski hal itu mengakibatkan kematian. Di Afrika, terutama di Uganda, pembelaan iman ini sudah mengakibatkan pembunuhan banyak martir. Penganiayaan dan pembunuhan itu disebabkan karena ajaran Kristen dianggap sebagai pelaksanaan adat-istiadat kafir. Saat itu di Uganda masih tergolong sangat primitif. Perdagangan budak, poligami, dan pemerkosaan anak-anak dianggap hal yang biasa. Dan animisme masih dianggap sebagai budaya yang patut dilestarikan.

Oleh karena itu kedatangan para misionaris Katolik tahun 1879 untuk mewartakan Injil Al-Masih dianggap sebagai penghalang adat-istiadat dan kebiasaan mereka. Akibatnya, para misionaris dibunuh, para pemuda yang menjadi Kristen juga dibunuh. Carolus Lwanga saat itu sebagai pelayan Raja Muanga. Muanga berkelakuan sangat buruk, dan ia sangat membenci ajaran-ajaran Kristen. Ditambah lagi orang-orang Arab menghasutnya. Tanggal 25 Maret 1886, Muanga melihat para pelayannya mengikuti pelajaran agama dari seorang misionaris. Spontan ia marah lalu membunuh anak-anak itu. Anak-anak Kristen yang belum dibunuh, termasuk Carolus ditangkap dan dipenjarakan. Carolus yang tertua segera membaptis dan mengajar mereka tentang iman Kristen. Ia menguatkan hati mereka untuk menerima risiko yang paling buruk. Iman mereka makin teguh dan siap menjalani hukuman bakar.

Carolus dibunuh bersama teman-temannya demi membela iman Kristen. Mereka yakin bahwa Tuhan akan memberi mereka pahala di surga yang jauh lebih membahagiakan. Oleh Sri Paus Paulus VI, Carolus dinyatakan sebagai ‘kudus’ pada tahun 1964.

June 2, 2009 - Posted by | Saints

1 Comment »

  1. Maukah kita mati untuk Dia ?😀

    Comment by ron2 | October 15, 2009 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: